Buku Siswa diarahkan semoga siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. |
Buku ini juga dipakai untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran, di mana isinya dirancang dan dilengkapi dengan contoh-contoh lembar kegiatan semoga siswa sanggup mempelajari sesuatu yang relevan dengan kehidupan yang dialaminya..
Buku Siswa diarahkan semoga siswa lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, berdiskusi serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik antarteman maupun dengan gurunya.
Berikut kedudukan dan fungsi Buku Siswa SD yang kutip dari Buku Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013.
Panduan bagi Siswa dalam Melaksanakan Kegiatan Pembelajaran
Setiap subtema pada masing-masing buku mempunyai beberapa pembelajaran sesuai dengan tema. Untuk aneka macam kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa dibentuk ikon-ikon yang melambangkannya. Misalnya, ayo amati, ayo bacalah, ayo berlatih, ayo lakukan, dan ayo bertanya.
Penghubung antara Guru, Sekolah, dan Orang Tua
Pada setiap selesai pembelajaran ada bab yang membutuhkan keterlibatan orang bau tanah untuk membimbing anak dalam melaksanakan acara pembelajaran di rumah. Diharapkan orang bau tanah berperan aktif mendukung siswa dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran yang dilakukan di sekolah.
Lembar Kerja Siswa
Buku Siswa sanggup berfungsi sebagai lembar kerja siswa, contohnya pada Buku Siswa terdapat kegiatan menulis maka siswa sanggup mengerjakan pribadi pada Buku Siswa.
Penilaian dan Portofolio
Di dalam Buku Siswa terdapat halaman-halaman berisi format yang sanggup dipakai sebagai lembar kerja untuk dihimpun sebagai materi portofolio yang sanggup dijadikan sumber evaluasi hasil pembelajaran.
Media Komunikasi antara Guru dan Siswa
Melalui proses pembelajaran dengan memakai Buku Siswa, guru sanggup mengenal siswa lebih baik melalui pengamatan terhadap hasil kerja siswa yang telah dirancang sedemikian rupa dalam setiap pembelajaran. Guru sanggup melihat perkembangan pengetahuan, keterampilan dan perilaku siswa sesuai dengan kompetensi pembelajaran yang telah ditetapkan.
Sebagai Kenang-kenangan Rekam Jejak Belajar Siswa
Semua hasil pekerjaan yang dilakukan siswa selama mengikuti proses pembelajaran akan tertuang dalam Buku Siswa sehingga guru dan orang bau tanah sanggup melihat jejak berguru dan perkembangan kompetensi selama mengikuti proses pembelajaran pada masing-masing jenjang. Bagi siswa semua rekam jejak berguru tersebut berkhasiat sebagai kenang-kenangan di kemudian hari.
Refleksi Diri Terhadap Kegiatan Pembelajaran
Sebagai alat/instrumen pembantu bagi siswa dalam melaksanakan kegiatan refleksi diri terhadap kegiatan pembelajaran harian yang telah dilakukan.
Advertisement